RPP MATEMATIKA SMP kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Model PBL(Problem Based Learning) ^Eliminasi^



PEMERINTAH KOTA SALATIGA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SALATIGA
KOTA SALATIGA 50711
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah            : SMP Negeri Salatiga
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : VIII / Ganjil
Materi Pokok              : Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Alokasi Waktu            : 2 × 40 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5
Menjelaskan sistem persamaan linier dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungan dengan masalah kontekstual
3.5.3
Siswa mampu menjelaskan sistem persamaan linier dua variabel dan penyelesaiannya dengan menggunakan metode eliminasi yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan   dengan sistem persamaan linier dua variabel
4.5.3
Siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan metode eliminasi

C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan:
1.         melalui kegiatan pengamatan presentasi (PPT) dari guru, siswa dapat menentukan komponen pada SPLDV serta memahami contoh permasalahan yang terkait; dan
2.         melalui kegiatan mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa dan diskusi kelompok, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan SPLDV dengan menggunakan metode eliminasi.

D.    Materi Pembelajaran
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan menggunakan Metode Eliminasi (Terlampir)

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran                    : Problem Based Learning
2.      Pendekatan pembelajaran            : Scientific Learning
3.      Metode pembelajaran                 : Tanya-jawab, diskusi kelompok

F.       Media Pembelajaran
Media            : LCD, Laptop, Papan Tulis, Spidol, Power point, LKS.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
Deskripsi Kegiatan Siswa
Waktu
Pendahuluan

1.      Menyapa siswa dengan  salam dilanjutkan doa.
2.      Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan pentingnya materi yang akan dipelajari.
3.      Menginformasikan  cara belajar yang akan ditempuh dengan kelompok.
4.      Membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa.
1.      Menjawab sapaan guru dan berdoa mengawali belajar.
2.      Mendengarkan dan menanggapi tujuan pembelajaran.
3.      Memperhatikan penjelasan guru tentang cara belajar kelompok.
4.      Membentuk kelompok.
10 menit
Inti:



Orientasi Peserta Didik pada Masalah
30  menit

1.      Mengingat kembali masalah persamaan linear dua variabel.
2.      Membagikan LKS.
3.      Membimbing siswa dalam pengamatan.
1.    Siswa diminta mengamati, dan memikirkan masalah yang ada pada LKS.


Jika siswa belum dapat menjawab ditopang dengan pertanyaan:
1.    Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?
2.    Coba buatlah pertanyaan   yang berhubungan dengan permasalahan yang telah kalian baca dan cermati tersebut!

2.      Siswa diberikan soal dan dapat bertanya jika ada kesulitan.

Tentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel berikut ini:
{Tentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV di bawah ini dengan metode eliminasi:
5x + 2y  = - 4
x + y = 6}
Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar
1.        Coba kalian tulis dalam kalimat atau bahasa matematika!
2.        Cermati angka-angka pada dua pernyataan yang diketahui. Apakah ada hubungan angka-angka pada ke dua pernyataan tersebut?
3.      Siswa mencoba memahami dua pernyataan tersebut.
1.      Adakah cara menghilangkan salah satu variabel yang sudah kalian tuliskan tersebut? sebutkan hubungan itu.
2.      Coba, dengan cara yang sama hilangkan variabel yang satunya?
3.      Kalau nilai masing-masing variabel sudah diketahui, coba dihitung berapa suci harus membayar?
4.      Siswa  berdiskusi mengumpulkan informasi tentang menghubungkan angka-angka dalam variabel yang sama dan cara menghilangkan salah satu variabel tersebut.

10 menit
Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok
30 menit

1.      Mengamati siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.
2.      Mengamati siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok dan memberikan bantuan bagi kelompok yang mengalami kesulitan memahami masalah.
5.      Siswa mengolah informasi, yang pada akhirnya mengetahui cara menghilangkan salah satu variabelnya.

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
1.      Mengamati siswa yang mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Menanggapi, bila diperlukan untuk menggontrol.
6.      Salah satu siswa mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil dari pemecahan masalah ke depan kelas.
7.      Siswa yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang berpresentasi.
Penutup

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
10 menit





1.      Guru memandu merangkum isi pembelajaran hari ini menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan metode eliminasi.
1.    Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang penyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan eliminasi.
2.    Mengerjakan soal latihan
3.    Salam penutup

H.    Sumber Pembelejaran
1.      Sinaga, Bornok. 2013. Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Kemendikbud
2.      Internet








  
I.       Penilaian 
1.      Sikap
Teknik Penilaian    :  Pengamatan
Bentuk Instrumen :  Lembar pengamatan

Lembar Pengamatan Terlampir
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.      Bekerja secara mandiri.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran

G.    Lampiran
1.      Materi
2.      Lembar Kerja Siswa
3.      Lembar Pengamatan
4.      Sintaks Problem Based Learning
5.      Power Point     




Lampiran 1
 Materi Pembelajaran
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Pengertian Persamaan Linier Dua Variabel
Persamaan linear dua variabel di dalam matematika dapat didefinisikan s ebagai sebuah persamaan dimana di dalamnya terkandung dua buah variabel yang derajat dari tiap-tiap variabel yang ada di dalamnya asalah satu. Bentuk umum dari persamaan linear dua variabel adalah ax + by = c. Pada bentuk tersebut, x dan y disebut sebagai variabel.
Sistem persamaan linear dua variabel
Sistem persamaan linear dua variabel bisa didefinisikan sebagai dua buah persamaan linear yang memiliki dua variabel dimana diantara keduanya ada keterkaitan dan memiliki konsep penyelesaian yang sama. Bentuk umum dari sistem ini adalah:

ax + by = c
px + qy = r

Dimana x dan y disebut sebagai variabel a, b, p, dan q disebut sebagai koefisien. Sedangkan c dan r disebut dengan konstanta.
Metode Eliminasi
Konsep dasar pada metode eliminasi adalah dengan menghilangkan salah satu variabel yang ada di dalam persamaan, variabel x atau y. Sebagai contoh, untuk menyelesaikan persamaan 2x + y = 5 dan 3x - 2y = 4

Cara menjawabnya adalah dengan mengeliminasi salah satu variabel, misalnya kita ingin menghilangkan variabel x (lihat jumlah x pada persamaan 1 dan 2, perbandingannya adalah 2 : 3 maka perkalian yang digunakan adalah 2 dan 3):

2x +    y = 5 |×3| -> 6x + 3y = 15
3x -  2y  = 4 |×2| -> 6x - 4y  =   8    -
                                   7y   = 7
                                     y   = 1
                                             
Masukkan nilai y = 3 kedalam salah satu persamaan yang ada. Misalnya:

2x + y   = 5
2x + 1   = 5
       2x  = 5-1
       2x  = 4
         x  = 2

Maka penyelesaian akhir dari sistem persamaan tersebut adalah x = 2 dan y = 1.
Dapat disimpulkan bahwa Himpunan penyelesaiannya adalah : HP = {2,1}

Lampiran 2
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VIII /Gasal
Tahun Pelajaran           : 2017/2018
Waktu Pengamatan     : 80 menit

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran pecahan
1.   Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.   Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.   Sangat baik jika menunjukkan ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok
1.   Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
2.   Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten
3.   Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.   Kurang baik  jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
2.   Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten
3.   Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten

                                             Bubuhkan tanda √ pada kolom – kolom sesuai hasil pengamatan!
                                                                                    Kelas :VIII
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1.










2.










3.










4.










5.










6.










7.










8.










9.










10.










11.










12.










13.










14.










15.










16.










17.










18.










19.










Keterangan :
SB  :Sangat Baik
B    : Baik
KB :Kurang Baik




Lampiran 3

Lembar Kegiatan SiswaRounded Rectangle: Nama :
Kelas : 
Absen :
Horizontal Scroll: Apakah kamu pernah mendengar kata eliminasi sebelumnya? 
Eliminasi artinya menghilangkan, maksudnya dengan cara menghilangkan salah satu variabel akan mendapatkan nilai dari variabel lainnya. Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut:

1)  Koefisien dari variabel yang akan dihilangkan harus sama
2) Jumlahkan atau kurangkan kedua persamaan yang diketahui agar koefisien dari variabel yang akan dihilangkan bernilai nol

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Menggunakan Metode Eliminasi














Tentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV di bawah ini dengan metode eliminasi:
5x +2 y = - 4
x + y = 6

Penyelesaian:
5x +2 y = - 4
x + y = 6


Langkah I
Eliminasi variabel y maka koefisien dari y harus sama (untuk mencari nilai x)



 ........ x + 2 .........  =.............
 ............ +           y    =.............


× ....
× 2


à      ............. x + .............y =  .......
à      ................  + 2 ........... =  ....... -
…......... x + ..............  =  .......

.......  =







Langkah II



 x   =  ......


Eliminasi variabel x maka koefisien dari x harus sama (untuk mencari nilai y)



........ x + 2 ........... =.............
                               ............ +            y =.............



× ....
×  5



à      ............. x  + .............y   =  .......
à    .................  + ...............   =  ....... -



             .................. +  ............y   =  .......

   .......  =


Bevel: Jadi himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier  {       ,        }
 
       Y = ……









Up Ribbon: Latihan Soal
 






1.       Tentukanlah himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier dua variabel dibawah ini dengan menggunakan metode eliminasi!
2x + 3y = -6
 x y = 3
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................


2.      Harga 5 buku dan 3 penggaris seharga Rp 21.000,00. Jika Ani membeli 4 buku dan 2 penggaris maka ia harus membayar Rp 16.000,00. Berapakah harga yang harus dibayar oleh siti, jika ia membeli 10 buku dan 3 penggaris yang sama?
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................


3.      Asep membeli 2 kg mangga dan 1 kg apel dan ia harus membayar Rp 15.000,00, sedangkan  Intan membeli 1 kg mangga dan 2 kg apel dengan harga Rp 18.000, 00. Berapakah harga 5 kg mangga dan 3 kg apel ?
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................




Bevel: J Selamat Mengerjakan J
 





Lampiran 4
Tabel Sintaks Problem Based Learning
Fase
Indikator
Aktifitas / Kegiatan Guru
1
Orientasi siswa kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang diperlukan, pengajuan masalah, memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya.
2
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan pemecahan masalah.
4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, model dan membantu mereka untuk berbagai tugas dengan kelompoknya.
5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dalam proses-proses yang mereka gunakan


Komentar

  1. Bagus, bisa jd contoh buat rpp materi lainnya...
    Boleh minta soft copy nya kah (klo boleh file word)? 😊 terima kasih 😉

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer