PANDUAN PENGOPERASIAN APLIKASI WINGEOM UNTUK MENGGAMBAR BANGUN RUANG (TABUNG) ^^



Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah SWT yang  Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang  panduan pengoperasian wingeom dan juga untuk menggambar bangun  ruang (tabung).
  Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini.Untuk itu kami menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang  telahberkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
            Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat mau pun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah panduan pengoperasian wingeom ini.
 
           Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang pengoperasian aplikasi wingeom untuk menggambar bangun ruang (tabung) dan dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
   

                                                                                                Salatiga , November  2015
   


                                                   
                                                                            Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN
A.          Arti Wingeom
Wingeom merupakan software (perangkat lunak) yang diciptakan oleh Richard Parris yang berbentuk aplikasi
B.          Manfaat Wingeom
                        1.            Dapat membuat bangun datar dan bangun ruang sekaligus
                        2.            Dapat m
C.          Kelebihan Wingeom dari Aplikasi yang lain

BAB II
PEMBAHASAN
A.   Toolbar  Wingeom
a.              Pada tampilan awal wingeom ,muncul kotak kecil dengan title “ did you know that … “ yang berisi tips menggunakan wingeom pada dialog box . ada beberapa pilihan yaitu sebagai berikut :
                                   i.            Close :berfungsi untuk menutup tips tersebut
                                 ii.            Next   :berfungsi untuk melihat tips yang selanjutnya
                               iii.            Previous :berfungsi untuk melihat tips yang sebelumnya
                               iv.            Show a tip at  startup :berfungsi untuk tidak melihat dialog box tersebut setiap kali muncul saat menjalankan software wingeom , dengan cara meng-klik centang kotak yang berada didepannya .

b.             Pada menu window terdapat 11 option yang dapat dipilih yaitu:
                                    i.            2D                 : berfungsi untuk membuat gambar 2 dimensi
                                  ii.            3D                 : berfungsi untuk membuat gambar 3 dimensi
                                iii.            Hyperbolic     : berfungsi untuk membuat gambar hiperbolik
                                iv.            Spherical        : berfungsi untuk membuat gambar bola
                                  v.            Voronoi         : berfungsi untuk membuat diagram voronoi
                                vi.            Guess             : berfungsi untuk memprediksi macam-macam trasformasi dengan menggunakan dua buah segitiga
                              vii.            Tessellations  : berfungsi untuk menampilkan macam-macam pengubinan dari bangun-bangun geometri berdimensi dua
a)      Classic
b)      Kites and darts
c)      Rhombs
d)     Hyperbolic
e)      Spherical
                            viii.            RGB demo    : berfungsi untuk simulasi pencampuran warna RGB
                                ix.            Open last       ; berfungsi untuk membuka file yang terakhir dijalankan
                                  x.            Use default    : berfungsi untuk menjalankan setingan
                                xi.            Exit                : berfungsi untuk mengakhiri program

c.              Pada menu Help terdapat 3 option yang dapat dipilih yaitu:
                                   i.            Help               : berfungsi untuk meminta bantuan
                                 ii.            Tip                  : berfungsi untuk menampilkan tips                             menggunakan wingeom
                               iii.            About             : berfungsi untuk menampilkan deskrispsi                                            tentang software wingeom

B.     Membuat berkas baru dan membuka berkas yang sudah ada, menyimpan berkas
a)      Membuat berkas yang baru dapat dilakukan dengan setelah kita memilih bangun apa yang kita ingin buat dari menu window yaitu 2-dim / 3-dim , selanjutnya klik toolbar file à klik new . Atau dengan menekan tombol CTRL+N



 











b)      Membuka berkas yang sudah ada dapat dilakukan dengan setelah kita memilih bangun apa yang kita ingin buka dari menu window  maka ,
klik toolbar file à klik open  . Atau dengan menekan tombol CTRL+O
    
c)      Menyimpan berkas ,dapat dilakukan dengan cara klik toolbar file à  klik save à lalu pilih dimana kita akan menyimpan nya atau langsung saja dengan menggunakan tombol CTRL + S.


 








d)     Mencetak berkas dapat dilakukan dengan cara klik toolbar file à klik  print atau dengan menggunakan tombol CTRL+P

C.            Langkah-langkah menggambar bangun dasar , seperti dibawah ini:
                                   i.            Titik :membuka software wingeom --  Pilih menu windows – 2D – point ( untuk membuat ) kita bisa memilih dimana titik tersebut akan dibuat , pada garis / pada koordinat , pada polygon , dll
                                 ii.            Garis :membuka software wingeom – Pilih menu windows – 2D – Line (untuk membuat segmen garis , garis , garis parallel ,dsb.)
                               iii.            Bangun datar :membuka software wingeom – pilihmenu windows – 2D – unit – { triangle (untuk bangun segitiga ), polygon (untuk bangun datar beraturan seperti segi banyak,layang-layang,trapezium,jajargenjang), random ( untuk membuat bangun datar yang ukuranya bebas),segment (membuat garis dengan menentukan panjang dan sudut kemiringan terhadap sumbu X ),

D.   Langkah-langkah membuat bangun , kerangka , dan jarring dari tabung :
a.       Langkah-langkah membuat bangun tabung :
                                     1.          Membuka aplikasi wingeom
                                     2.        Pada menu windows lalu pilih 3D
                                     3.        Plih toolbar units – surface – cylinder
                                     4.        Muncul kotak dialog lalu kita atur ukuran yang sesuai tulis ukuran jari-jari di radius dan tulis ukuran tinggi di height , kemudian klik OK
                                     5.        Maka bangun tabung akan terbentuk ,
b.      Langkah-langkahmembuatkerangkabanguntabung :
1.        Membuka aplikasi wingeom
2.        Pada menu windows lalu pilih 3D
3.        Pilih toolbar units – surface – cylinder
4.        Setelah membuat tabung terbentuk dengan ukuran yang diinginkan ,
5.        Plih toolbar view – lalu display – dot hidden lines
6.        Maka kerangka tabung akan terbentuk .
c.         Langkah-langkah membuat jaring tabung :














BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN

B.   KRITIK & SARAN
a)    Kritik
·         Aplikasi ini susah dipahami jika tidak tau cara penggunaannya.
·         Beberapa versi aplikasi ini yang sering membuat bingung kita untuk memahaminya.
b)    Saran
·         Pelajari apikasi ini dari berbagai sumber, agar mendapat referensi yang baik tetang aplikasi ini.
·         Giat berlatih untuk menggunakan aplikasi ini, supaya terbiasa dan lebih mahir untuk menggunakannya.
·         Manfaatkan aplikasi ini dalam membuat berbagai bagun , kerangka , danjaring– jaring , dua dimensi atau pun tiga dimensi.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu sebagai sarana informasi :)

Komentar

Postingan Populer