PANDUAN PENGOPERASIAN APLIKASI WINGEOM UNTUK MENGGAMBAR BANGUN RUANG (TABUNG) ^^
Kata
Pengantar
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih
lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya,
yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga
kami dapat menyelesaikan makalah
tentang panduan pengoperasian wingeom dan
juga untuk menggambar bangun ruang
(tabung).
Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai
pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini.Untuk itu kami
menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telahberkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas
dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi
susunan kalimat mau pun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah
panduan pengoperasian wingeom ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang pengoperasian aplikasi wingeom untuk menggambar bangun ruang (tabung) dan dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang pengoperasian aplikasi wingeom untuk menggambar bangun ruang (tabung) dan dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Salatiga , November 2015
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Arti Wingeom
Wingeom
merupakan software (perangkat lunak) yang diciptakan oleh Richard Parris yang
berbentuk aplikasi
B.
Manfaat Wingeom
1.
Dapat membuat bangun datar dan bangun
ruang sekaligus
2.
Dapat m
C.
Kelebihan Wingeom dari Aplikasi yang lain
BAB II
PEMBAHASAN
A. Toolbar Wingeom
a.
Pada tampilan awal wingeom ,muncul kotak
kecil dengan title “ did you know that … “ yang berisi tips menggunakan wingeom
pada dialog box . ada beberapa pilihan yaitu sebagai berikut :
i.
Close :berfungsi
untuk menutup tips tersebut
ii.
Next
:berfungsi untuk melihat tips yang
selanjutnya
iii.
Previous :berfungsi untuk melihat tips
yang sebelumnya
iv.
Show a tip at startup :berfungsi
untuk tidak melihat dialog box tersebut setiap kali muncul saat menjalankan
software wingeom , dengan cara meng-klik centang kotak yang berada didepannya .
b.
Pada menu window terdapat 11 option yang
dapat dipilih yaitu:
i.
2D :
berfungsi untuk membuat gambar 2 dimensi
ii.
3D :
berfungsi untuk membuat gambar 3 dimensi
iii.
Hyperbolic : berfungsi untuk membuat gambar hiperbolik
iv.
Spherical : berfungsi untuk membuat gambar bola
v.
Voronoi : berfungsi untuk membuat diagram
voronoi
vi.
Guess :
berfungsi untuk memprediksi macam-macam trasformasi dengan menggunakan dua buah
segitiga
vii.
Tessellations : berfungsi untuk menampilkan macam-macam pengubinan dari bangun-bangun
geometri berdimensi dua
a)
Classic
b)
Kites and darts
c)
Rhombs
d)
Hyperbolic
e)
Spherical
viii.
RGB demo :
berfungsi untuk simulasi pencampuran warna RGB
ix.
Open last ; berfungsi untuk membuka file yang terakhir dijalankan
x.
Use default : berfungsi untuk menjalankan setingan
xi.
Exit :
berfungsi untuk mengakhiri program
c.
Pada
menu Help terdapat 3 option yang dapat dipilih yaitu:
i.
Help :
berfungsi untuk meminta bantuan
ii.
Tip :
berfungsi untuk menampilkan tips menggunakan wingeom
iii.
About :
berfungsi untuk menampilkan deskrispsi tentang
software wingeom
B.
Membuat berkas baru dan membuka berkas
yang sudah ada, menyimpan berkas
a) Membuat
berkas yang baru dapat dilakukan dengan setelah kita memilih bangun apa yang
kita ingin buat dari menu window yaitu 2-dim / 3-dim , selanjutnya klik toolbar
file à klik new . Atau dengan menekan tombol CTRL+N
b) Membuka
berkas yang sudah ada dapat dilakukan dengan setelah kita memilih bangun apa
yang kita ingin buka dari menu window maka
,
klik toolbar file
à
klik open . Atau dengan menekan tombol CTRL+O
c) Menyimpan
berkas ,dapat dilakukan dengan cara klik toolbar file à
klik save à
lalu pilih dimana kita akan menyimpan nya atau langsung saja dengan menggunakan
tombol CTRL + S.
d) Mencetak
berkas dapat dilakukan dengan cara klik toolbar file à klik print
atau dengan menggunakan tombol CTRL+P
C.
Langkah-langkah menggambar bangun dasar
, seperti dibawah ini:
i.
Titik :membuka software wingeom -- Pilih menu windows – 2D – point ( untuk membuat
) kita bisa memilih dimana titik tersebut akan dibuat , pada garis / pada koordinat
, pada polygon , dll
ii.
Garis :membuka software wingeom – Pilih menu
windows – 2D – Line (untuk membuat segmen garis , garis , garis parallel ,dsb.)
iii.
Bangun datar :membuka software wingeom –
pilihmenu windows – 2D – unit – { triangle (untuk bangun segitiga ), polygon
(untuk bangun datar beraturan seperti segi banyak,layang-layang,trapezium,jajargenjang),
random ( untuk membuat bangun datar yang ukuranya bebas),segment (membuat garis
dengan menentukan panjang dan sudut kemiringan terhadap sumbu X ),
D. Langkah-langkah membuat bangun ,
kerangka , dan jarring dari tabung :
a. Langkah-langkah
membuat bangun tabung :
1.
Membuka aplikasi wingeom
2.
Pada menu windows lalu pilih 3D
3.
Plih toolbar units – surface – cylinder
4.
Muncul kotak dialog lalu kita atur ukuran
yang sesuai tulis ukuran jari-jari di radius dan tulis ukuran tinggi di height
, kemudian klik OK
5.
Maka bangun tabung akan terbentuk ,
b. Langkah-langkahmembuatkerangkabanguntabung
:
1.
Membuka aplikasi wingeom
2.
Pada menu windows lalu pilih 3D
3.
Pilih toolbar units – surface – cylinder
4.
Setelah membuat tabung terbentuk dengan ukuran
yang diinginkan ,
5.
Plih toolbar view – lalu display – dot
hidden lines
6.
Maka kerangka tabung akan terbentuk .
c.
Langkah-langkah membuat jaring tabung :
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
B. KRITIK &
SARAN
a)
Kritik
·
Aplikasi ini
susah dipahami jika tidak tau cara penggunaannya.
·
Beberapa versi
aplikasi ini yang sering membuat bingung kita untuk memahaminya.
b)
Saran
·
Pelajari
apikasi ini dari berbagai sumber, agar mendapat referensi yang baik tetang
aplikasi ini.
·
Giat berlatih
untuk menggunakan aplikasi ini, supaya terbiasa dan lebih mahir untuk
menggunakannya.
·
Manfaatkan
aplikasi ini dalam membuat berbagai bagun , kerangka ,
danjaring– jaring , dua
dimensi atau pun tiga dimensi.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu sebagai sarana informasi :)
Komentar
Posting Komentar